Program Sarjana

A. AKREDITASI

Akreditasi “A” atau “Sangat Memuaskan” dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2018.

B. VISI

Visi Universitas Hasanuddin: Pusat unggulan dalam pengembangan insani, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya berbasis benua maritim Indonesia.

Visi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin: Institusi unggulan dalam bidang rekayasa untuk keberlanjutan global dengan semangat budaya maritim.

Visi Departemen Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin: Pusat pendidikan teknik lingkungan unggulan yang berkelanjutan dalam jaringan global sains-teknologi berbasis benua maritim.

C. MISI

Misi Universitas Hasanuddin:

  1. Menyediakan lingkungan belajar yang berkualitas untuk mengembangkan kapasitas pembelajaran yang inovatif dan proaktif;
  2. Melestarikan, mengembangkan, menemukan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya; dan
  3. Menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya berbasis maritim dan untuk kemaslahatan benua mritim Indonesia.

Misi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin:

  1. Mengembangkan pendidikan dan pengabdian masyarakat yang komprehensif dan berorientasi pada penelitian bidang rekayasa keteknikan sejalan dengan semangat budaya maritim;
  2. Menghasilkan sarjana teknik yang berpengetahuan luas dan mampu berpikir kritis menguasai teknologi maju serta mampu berkarya kreatif dan inovatif;
  3. Membangun pusat unggulan bidang rekayasa melalui jalinan kemitraan internasional untuk pembangunan berkelanjutan; dan
  4. Menyebarluaskan teknologi tepat guna peningkatan kualitas hidup dan untuk mempertahankan kelestarian sumber daya alam.

Misi Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin:

  1. Menyelenggarakan pendidikan teknik lingkungan secara berkelanjutan guna menunjang kehidupan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang inovatif dalam peningkatan pengetahuan dan teknologi berbasis riset dan sains-teknologi berbasis benua maritim.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat secara pro aktif untuk kerjasama strategis dengan pemerintah, institusi pendidikan dan dunia industri pada tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

D. PROFIL PROFESIONAL MANDIRI (PPM)

  1. Mampu berkontribusi bagi masyarakat dalam merancang bangun rekayasa dibidang teknik lingkungan untuk memecahkan permasalahan lingkungan dalam lingkup lokal, regional dan global (Professional Accomplishment).
  2. Mampu berkarir, bekerjasama dalam tim serta mengelola pekerjaan di bidang teknik lingkungan atau bidang lainnya dengan berbekal etika profesi dan wawasan pembangunan berkelanjutan (General/Social Accomplishment).
  3. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknik dasar untuk mengamati, mengidentifikasi, dan memahami masalah lingkungan berbasis aspek pendidikan yang berkelanjutkan sebagai wujud pengembangan diri (Academic Accomplishment).

E. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

  1. Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah dalam bidang teknik lingkungan dengan menerapkan prinsip teknik, sains, dan matematika (pengetahuan dasar/fundamental knowledge/scientific expertise)
  2. Mampu menerapkan desain teknik untuk menghasilkan solusi yang memenuhi kebutuhan dengan pertimbangan kesehatan masyarakat, keselamatan, kesejahteraan, serta faktor-faktor global, budaya, sosial, lingkungan, dan ekonomi (desain rekayasa & pemecahan masalah/engineering design abilities & problem solving)
  3. Mampu berkomunikasi secara efektif (kemampuan berkomunikasi/ communication skill)
  4. Memahami tanggung jawab etika dan profesi yang mempertimbangkan dampak solusi teknik dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial
    (tanggung jawab etika dan profesi & memahami dampak dari solusi rekayasa/ professional and ethical responsibility & understanding of engineering impact)
  5. Memiliki jiwa kepemimpinan serta mampu bekerjasama dalam tim multidisiplin (kepemimpinan dan bekerjasama dalam tim/leadership and teamwork)
  6. Mampu merancang dan melakukan eksperimen, serta menganalisis dan menginterpretasikan data (kemampuan melakukan kesperimen/experimental skill)
  7. Kemampuan untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan terbaru dan terkini sesuai kebutuhan, menggunakan strategi pembelajaran yang tepat (pengetahuan terbaru dan strategi pembelajaran yang tepat/latest knowledge and appropriate learning strategy/technical know-how).

F. GELAR

Mahasiswa yang menyelesaikan studi akan dianugerahkan gelar Sarjana Teknik (ST)

G. KURIKULUM

Program Sarjana mengalokasikan mata kuliah dalam tujuh/delapan semester.