Hasil Survei Pengguna Lulusan
Jumlah Alumni Yang Dinilai oleh Responden : 88 |
---|
Gambar 1. Sektor Bisnis dari Responden
Gambar 2. Hasil Pengukuran Pengguna Terhadap Profil Profesional Lulusan
Keterangan:
PP #1 : Keterampilan profesional dalam perencanaan, desain, konstruksi, manajemen dan pemeliharaan di bidang teknik lingkungan
PP #2 : Kemampuan memecahkan masalah rekayasa dengan mempertimbangkan aspek etika profesional, standar yang berlaku, aspek ekonomi dan lingkungan
PP #3 : Kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis
PP #4 : Kemampuan dalam berkolaborasi dan/atau memimpin tim kerja
PP #5 : Kemampuan mengaplikasikan piranti keteknikan modern atau teknologi informasi
PP #6 : Kesadaran akan pembelajaran sepanjang hayat atau minat untuk pengembangan diri melalui pendidikan/pelatihan lanjutan baik formal maupun informal
PP #7 : Kesadaran akan pentingnya bahasa asing dan lisensi keahlian/profesional
Rincian penilaian profil profesional lulusan dideskripsikan pada tabel dan gambar berikut:
Aspek | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang |
---|---|---|---|---|
Keahlian Pada Bidang Ilmu | 40.9% | 51.1% | 8.0% | 0.0% |
Etika | 47.7% | 50.0% | 2.3% | 0.0% |
Kemampuan Berkomunikasi | 58.0% | 40.9% | 1.1% | 0.0% |
Kemampuan Kerja Sama | 61.4% | 37.5% | 1.1% | 0.0% |
Penggunaan Teknologi Informasi | 45.5% | 40.9% | 13.6% | 0.0% |
Pengembangan Diri | 61.4% | 36.4% | 2.3% | 0.0% |
Kemampuan Berbahasa Asing | 55.7% | 39.8% | 4.5% | 0.0% |
Gambar 3. Keterampilan profesional dalam perencanaan, desain, konstruksi, manajemen dan pemeliharaan di bidang teknik lingkungan
Gambar 4. Kemampuan memecahkan masalah rekayasa dengan mempertimbangkan aspek etika profesional, standar yang berlaku, aspek ekonomi dan lingkungan
Gambar 5. Kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis
Gambar 6. Kemampuan dalam berkolaborasi dan/atau memimpin tim kerja
Gambar 7. Kemampuan mengaplikasikan piranti keteknikan modern atau teknologi informasi
Gambar 8. Kesadaran akan pembelajaran sepanjang hayat atau minat untuk pengembangan diri melalui pendidikan/pelatihan lanjutan baik formal maupun informal
Gambar 9. Kesadaran akan pentingnya bahasa asing dan lisensi keahlian/profesional